Salah satu posisi dalam permainan sepakbola adalah pemain belakang (pemain bertahan/ Bek/ defender), yaitu pemain yang bertugas menjaga pertahanan tim dari serangan pemain lawan. Mengenai pengertian dan tugas pemain belakang tersebut akan coba di bahas disini.

Sebelumnya kita harus mengenal dulu beberapa istilah dalam posisi ini, yaitu full back (bek tengah), left/ right full back (bek sayap), wing back, dan sweeper.

Full back (bek tengah) adalah pemain yang berkonsentrasi dan bertugas penuh untuk menjaga area tengah pertahanan tim. Pemain yang harus dikawal adalah striker, dan sesekali juga harus mewaspadai pemain tengah lawan yang muncul dari lini tengah. Namun, bek tengah tidak boleh bergerak ke sisi samping lapangan sepak bola, dia harus selalu mengawal di tengah pertahanan tim. Antara full back harus berdiri sejajar satu sama lain, dan harus mengerti dan pandai menjalankan perangkap off side. Diantara dua full back, harus dipilih salah satu pemain sebagai leader yang tugasnya memimpin dan mengendalikan sistem pertahanan.

Left/ right full back (bek sayap) adalah pemain belakang yang berada agak ke samping pertahanan. Left back ( bek kiri) dan right back (bek kanan) bertugas hampir sama dengan full back namun area yang dijaga adalah sisi samping lapangan.

Istilah Sweeper hanya dapat dipakai jika menggunakan tiga bek tengah. Sweeper adalah bek tengah yang menjadi pertahanan terakhir sebelum penjaga gawang, dia harus selalu mengambil posisi di belakang dua bek tengah lainnya ketika dalam keadaan di tekan lawan. Dia juga bertugas memimpin dan mengendalikan pertahanan.

Wing back baik diterapkan pada pola dengan lima pemain bertahan. Tugas wing back hampir sama dengan left/ right full back, namun dia punya keleluasaan lebih untuk menyerang karena sudah ada tiga full back menunggu di belakang.

Jumlah pemain belakang bisa tergantung formasi yang diterapkan.
1. Menerapkan formasi dengan tiga pemain bertahan.
Jika menggunakan tiga pemain belakang, maka salah satu dari tiga orang itu akan bertugas sebagai sweeper.
2. formasi dengan empat pemain belakang. Artinya, ada dua bek tengah yang posisinya sejajar, dan dua bek sayap.
3. Formasi dengan lima pemain belakang (bek). Merupakan gabungan dari pola tiga dan empat bek. Dua bek sayap (wing back) lebih sering menyerang dibandingkan pada pola 4 pemain bertahan. 

Adapun pola yang paling banyak dipakai karena lebih stabil dan seimbang dalam permainan adalah formasi dengan empat pemain belakang.

Bagaimana menurut anda? Silahkan berkomentar untuk mendiskusikan hal ini! 

0 comments:

Post a Comment

top